CARA PEMASANGAN RANGKA ATAP BAJA RINGAN

CARA PEMASANGAN RANGKA ATAP BAJA RINGAN

Rangka Baja Ringan merupakan salah satu jenis rangka atap yang paling diminati untuk digunakan pada bangunan masyarakat pada saat – saat ini. Hal tersebut dikarenakan jenis rangka atap ini banyak memiliki kelebihan jika dibandikan dengan yang lainnya. Namun kelebihan – kelebihan dari penggunaan Rangka Baja Ringan ini tidak akan Anda rasakan, tanpa Anda melakukan Pemasangan Rangka Baja Ringan yang tepat. 

Pekerjaan Pemasangan Atap merupakan bagian yang sangat penting di dalam mewujudkan bangunan seperti rumah , toko dan lain – lain yang indah dan Asri. Dan begitu pula ada begitu banyak pilihan model dan bentuk atap yang dapat Anda terapkan sesuai dengan selera dan desain yang telah Anda pilih sebelumnya. Contohnya yaitu atap dengan desain dan bentuk rabung 1, rabung 5, atap joglo, dan masih banyak lagi.  

Tips Cara Pemasangan Rangka Baja Ringan, Dengan hal tersebut diharapkan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda. Adapun langkah –langkah untuk memasang Rangka Baja Ringan dengan tepat yaitu yang pertama adalah tahap pengukuran. Pada tahap ini Anda harus mengukur jarak Batu Bata atau ring balok yang nantinya akan menjadi tumpuan atau duduk untuk kuda – kuda baja ringan . salah satu contohnya jarak yang ditentukan adalah 4 meter. 

Langkah yang kedua yaitu Anda mendesain kuda-kuda baja ringan. Dengan mendesain kuda- kuda baja ringan, Anda harus menyesuaikan dan harus  berdasarkan jarak tumpuan yang didapat  sebelumnya (misalnya 4 meter seperti yang diatas tadi). Dengan mendesain atap baja ringan, Anda harus memperhatikan beberapa faktor yaitu seperti kekuatan kuda –kuda dalam menahan beban atap (Genteng Batu atau Genteng Metal) , kemirigan rencana atap kuda – kuda ( hal ini bertujuan agar air hujan nantinya dapat mengalir dengan dengan lancer ) dan Anda pun harus menentukan panjang Top – Chord dengan maksud untuk mengetahui bahwasan rintisan air hujan nantinya cukup jauh dari dinding dan agar tidak mengenai dinding rumah secara langsung. Untuk itu, khususnya bagi desain kuda- kuda baja ringan , penulis sangat menyarankan Anda untuk menggunakan  jasa konsultan atau tenaga ahli, apalagi untuk bentang kuda –kuda yang lebar dan menggunakan atap genteng, batu atau keramik.

Langkah yang ketiga yaitu Anda harus melaksankan pemasangan kuda- kuda baja ringan. Hal tersebut dapat Anda lakukan , ketika Anda sudah selesai melakukan desain pada atap Anda.  Pemasangan kuda – kuda baja ringan dapat Anda mulai dari fabrikasi kuda – kuda baja ringan yang telah Anda lakukan pada daerah yang datar . Kemudian Anda lanjutkan dengan memasang kuda- kuda tersebut diatas bangunan Anda (dengan menggunakan Dynabolt) , dan dilanjutkan dengan penguncian (Skor anagin) agar tercipta struktur yang kaku dan kuat.

Tips Cara Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan dengan benar yaitu Anda melakukan Pemasangan Rangka Baja Ringan. Pemasangan Reng Baja Ringan ini harus mengacu dan sesuai dengan jenis atap atau Genteng yang akan Anda gunakan . Kemudian langkah yang kelima yaitu Anda melakukan Pemasangan Genteng.  Dalam melakukan Pemasangan Seng dan Genteng, sebaiknya dilakukan dengan rapat dan rapi agar terhindar dari bocor ketika hujan. Dan langkah yang terakhir yaitu Anda melakukan pemasangan rabung, nok pinggir dan finishing. Pemasangan hal tersebut harus dilakukan dengan kuat, rapid dan rapi. Dengan maksud untuk menciptakan kerapian dan untuk mencegah kebocoran.
The full body of the article CARA PEMASANGAN RANGKA ATAP BAJA RINGAN CARA PEMASANGAN RANGKA ATAP BAJA RINGAN
381 reviews | Diposting tgl : 22 Oktober 2015